Sunday 19 January 2014

Lidah Mertua dan Manfaatnya

Lidah Mertua dan Manfaatnya masuk kedalam catatan kecil kehidupan dimycorner karena sudah sangat lama akrab dengan tanaman ini. Kalau dikampung-kampung tanaman ini bukan jenis tanaman yang di rawat tapi lebih kepada tanaman yang dibiarkan hidup liar. Malah kadang dibabat karena dianggap mengganggu dan tidak mempunyai manfaat. Karena rimpangnya aja yang tinggal di tanah, si lidah mertua ini bisa hidup. Tetapi kalau di kota-kota tanaman lidah mertua ini malah dijual karena termasuk tanaman hias.


Lidah mertua seperti photo diatas bernama latin Sansevieria Trifasciata termasuk tanaman hias yang cocok untuk dalam ruangan. Karena tanaman lidah mertua ini tidak perlu perawatan khusus, dan cocok hidup di lingkungan yang terbatas cahaya dan air.

Mengapa dinamakan tanaman  lidah mertua?
 Karena memiliki daun keras, ujung runcing dan memberikan kesan tajam, seperti sebagian lidah mertua dan menantunya. Bahkan bentuknya yang juga berbentuk pedang, kadang tanaman ini dinamakan tanaman pedang-pedangan.

So, apa manfaat si lidah mertua ini?
  • Menurut peneliti NASA tanaman lidah mertua ini dapat menyerap bahan racun di udara, seperti karbondioksida (CO2) dan juga dapat menyerap karbonmonoksida salah satu racun yang terdapat dalam asap rokok.
  • Dapat menghilangkan bau perabotan, tips dari dimycorner seperti menghilangkan bau dalam kulkas yang kurang sedap, daun lidah mertua yang sudah dicuci bersih, dipotong-potong, taruh di wadah, biar airnya tidak kemana-mana, kemudian tarok dalam kulkas.
Karena manfaatnya yang dapat menyerap racun di udara, di pojok di dalam rumah dimycorner selalu ada tanaman lidah mertua ini. Apalagi di rumah ada  yang aktif merokok. Perawatannya mudah, manfaatnya banyak. Hobby merawat tanaman tersalurkan, bisa juga melindungi orang-orang yang di cintai (Hobby & Love).
Apakah sobat punya catatan tambahan lain tentang lidah mertua dan manfaatnya?

4 comments:

  1. baru tau namanya lidah mertua~ XD
    mertua siapa ya yang lidahnya seperti itu? :))

    ReplyDelete
    Replies
    1. karena Agung belum punya mertua,
      makanya ga kenal ya ^^.

      Delete
  2. Saya juga suka dengan tanaman lidah mertua ini.Ada beberapa jenis ya yang daunnya menarik semua..

    ReplyDelete
    Replies
    1. lidah mertua yang udah persilangan emang banyak.
      ada manfaatnya juga.

      Delete

Komen yang ditinggalkan adalah jejak yang terekam.
Komen menunjukkan kwalitas pemberi komentar.
Terima Kasih sudah meninggalkan jejaknya :)