Wednesday, 19 February 2014

Tips Sederhana Mengetahui Air Tanah Layak Konsumsi

Tips sederhana mengetahui air tanah layak konsumsi dimycorner simpan di Catatan Kecil Kehidupan ini karena dirasa sangat penting untuk diketahui dan diingat. 
Air adalah kebutuhan penting dalam kehidupan manusia. Bahkan tubuh manusia 70-80% terdiri dari cairan, makanya begitu tubuh kekurangan cairan, kita akan merasakan haus. Tetapi untuk menghilangkan rasa haus dan untuk memenuhi kebutuhan cairan dalam tubuh, kita tidak bisa asal minum saja. Harus diperhatikan kelayakan sumber air yang kita minum.

Beberapa waktu lalu dirumah orangtua sedang ada pengeboran membuat sumur dalam untuk mendapatkan air tanah yang bersih dan layak untuk dikonsumsi. Nah dari tukang gali sumur inilah dimy dapat informasi tips sederhana untuk mengetahui air tanah itu layak konsumsi atau tidak. 

Berikut Tips Sederhana Mengetahui Air Tanah Layak Konsumsi :

http://dimycorner.blogspot.com/2014/02/tips-sederhana-mengetahui-air-tanah.html
Air tanah sedang tes bakteri dan tes logam berat.


  • Pertama dengan menggunakan indra penglihatan, indra penciuman, indra peraba dan indra perasa kita sebagai alat kontrol. Air tanahnya sudah bening yang dapat dilihat oleh indra penglihatan kita yaitu mata. Bukan hanya sekedar bening, tetapi bisa kita cium dengan hidung, air tanahnya masih berbau atau tidak. Kemudian kita bisa tes untuk mencuci muka dan tangan untuk merasakan kesegaran dan suhu dari air tanah tersebut dengan indra peraba kita yaitu kulit. Terakhir air itu bisa kita rasakan lewat indra perasa lidah. Secara sederhana air layak konsumsi itu bening, tidak berbau, dan tidak berasa.
  • Kedua dengan melakukan tes sederhana : Air ditampung disebuah wadah, kemudian diberi teh celup atau dicampur dengan biang teh dengan perbandingan 1:1, kemudian campuran air tanah dan teh tadi diamkan dalam kondisi terbuka. Setelah beberapa saat perhatikan, apabila warna air campuran teh itu seperti air teh umumnya, maka air tanah tersebut sudah layak untuk dikonsumsi. Tetapi kalau campuran air tanah dan teh tersebut berubah warna menjadi lebih pekat (agak mirip warna cola), maka air tanah tersebut masih banyak mengandung logam berat, belum layak konsumsi. Kita juga bisa melakukan tes kandungan bakteri dalam air tanah tersebut. Ambil air tanah di sebuah wadah, kemudian tutup, diamkan selama lebih kurang 5 hari, apabila ada perubahan warna, ada lendir di dinding wadah, ada gumpalan-gumpalan putih atau kehijauan atau malah ada jentik-jentik, menandakan air tanah yang sudah terlihat bening itu masih mengandung bakteri. Jadi air tanah tersebut tidak layak konsumsi.
Demikianlah tips sederhana untuk mengetahui air tanah layak konsumsi. Apakah sobat blogger punya pengalaman atau cara lain untuk mengetahui kelayakan air tanah untuk dikonsumsi, boleh berbagi?.

8 comments:

  1. Simple tapi bermanfaat sekali ini tipsnya. Thanks! :)

    ReplyDelete
  2. mantap!
    baru tahu teh celup bisa dijadiin alat tes :D

    ReplyDelete
  3. wah keren teh celup bisa dijadiin penguji bagus tidaknya air tanah. thanks ya infonya.

    ReplyDelete
  4. kalau air tanah tsb, mengandung bakteri, apakah tdk layak juga kita konsumsi dengan memasak nya terlebih dahulu?

    ReplyDelete

Komen yang ditinggalkan adalah jejak yang terekam.
Komen menunjukkan kwalitas pemberi komentar.
Terima Kasih sudah meninggalkan jejaknya :)