Wednesday 26 February 2014

Tingkah Hamster Safire dan Anak-Anaknya

Tingkah hamster safire dan Anak-Anaknya merupakan catatan kecil kehidupan dimycorner tentang hewan peliharaan yang ada di rumah. Salah satu anakan hamster jenis safire yang dimy punya, beberapa hari yang lalu melahirkan 6 ekor anak. 

Padahal kurang dari 2 bulan yang lalu si haster ini melahirkan anaknya 2 ekor.  Berhubung anak pertamanya hanya 2 ekor, umur 2 minggu aja badan dan kondisi anaknya sudah  bisa dipisah dari induknya.

Anak generasi pertama dari hamster ini, photo-photonya ada disini.

Setelah anak-anaknya di pisah , maka induknya si hamster safire ini langsung tak campur sama bapaknya. Eh ga berapa lama melahirkan 6 ekor anak lagi. Lagi masa produktif kali ya :).


Tingkah  hamster safire dan anak-anaknya ini lucu kalo diperhatikan. Induknya ternyata juga menyuapkan makanan yang berupa biji-bijian ke mulut anaknya. Walaupun matanya belum terbuka, ternyata anak-anak hamster ini sudah jago makan biji-bijian. Padahal jalannya aja kadang kayak nyunsep-nyunsep gitu, secara keseimbangan badannya belum bagus.
Trus kalau induknya lagi nyeker-nyeker di sekitar anaknya, kayaknya anaknya yang masih merah itu bakalan terluka. Tetapi ternyata enggak. Hewan aja tau takaran dia memperhatikan anaknya ya.

Oiya, merawat hamster yang baru melahirkan anak-anaknya ini mudah kok.

Cara merawat hamster yang akan melahirkan dan sudah melahirkan :
  • Induk hamster yang sudah hamil tua (perutnya sudah besar dari biasanya) pisah di kandang sendiri.
  • Kandangnya dikasih sedikit pasir dan serutan kayu.
  • Kasih botol minum dan makanan, tempat makannya jangan yang mudah  lepas-lepas. Takutnya ntar menimpa anak-anak hamster yang masih bayi.
  • Jauhkan kandang dari keramaian, alias di taruh di tempat yang agak sepi dikit. Biar si ibu konsen mengurus anak-anaknya setelah lahir.
  • Anak-anak hamster yang baru lahir, usahakan jangan dipegang-pegang dulu. Takutnya ada bekas bau makanan yang menempel dari tangan kita ke anaknya, ntar si anak dikira makanan sama induknya. Bisa dimakan.
  • Baru pisahkan anak-anak hamster dari anaknya sekitar umur 2-3 minggu, tergantung kondisi anaknya hamster.

Berikut video tingkah induk hamster dan nak-anaknya. Umur anaknya baru sekitar 4 hari, masih merah :) .

No comments:

Post a Comment

Komen yang ditinggalkan adalah jejak yang terekam.
Komen menunjukkan kwalitas pemberi komentar.
Terima Kasih sudah meninggalkan jejaknya :)