Sunday 2 February 2014

Pemandian Air Terjun Bayang Sani

Pemandian Air Terjun Bayang Sani terletak di desa Koto Baru Kecamatan Bayang Kabupaten Pesisir Selatan, Sumatera Barat. Kalau dari Padang kota ambil arah pelabuhan Teluk Bayur, memakan waktu sekitar 1,5 jam perjalanan. Di sepanjang jalan dari Padang kota menuju tempat pemandian akan melewati jalan yang berliku, dikiri jalan bukit hijau di kanan jalan mata akan banyak melihat laut dan pantai yang cantik.


Pemandian air terjun Bayang Sani ini sudah dipakai sebagai tempat pemandian sejak jaman penjajahan Belanda. Cerita orang tua dulu, noni-noni Belanda senang mandi di situ, mereka sangat nyaman dan senang bermain air, begitu datang mereka dengan riang berkata Welcome kepada teman-temannya. Penduduk setempat yang mendengar samar-samar kata welcome ini, mengira ini nama baru yang diberikan noni-noni tersebut ke tempat pemandian ini. Tetapi penduduk melafazkan welcome dengan sebutan walikum.

Sejak jaman Belanda nama pemandian ini bernama air terjun walikum. Pada sekitar tahun 80-an nama pemandian air terjun walikum oleh Pemda setempat di rubah menjadi Air Terjun Bayang Sani. Sejak saat itu sampai sekarang pemandian ini di kenal dengan pemandian air terjun bayang sani.


Pemandian ini ramai dikunjungi sehari sebelum Bulan Ramadhan. Masyarakat setempat dan penduduk sekitar mempunyai sebuah tradisi yang di kenal dengan istilah 'balimau'. Balimau ini adalah semacam acara mandi untuk mensucikan diri dari hadast sebelum memasuki bulan suci Ramadhan.

Pemandian air terjun bayang sani ini mempunyai potensi wisata alam daerah, namun sayang kurang terawat. Prasarana untuk berganti pakaian setelah puas mandi-mandi banyak yang rusak atau sudah beralih fungsi. Mudah-mudahan menjadi perhatian pemda setempat. Sang pencipta sudah memberi kelebihan alam, tinggal penduduk di sekitarnya untuk memelihara dan memanfaatkannya untuk kebaikan hidup.

Berikut Video pemandian air terjun bayang sani.

2 comments:

  1. Bagus air terjunnya. Makasih sudah dishare. Jadi tahu tempat-tempat indah di Indonesia. :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Air terjunnya masih murni buatan alam, belum banyak campur tangan manusia. Mudah-mudahan nanti bisa lebih dikembangkan oleh pemda setempat.
      Makasih udah mampir.

      Delete

Komen yang ditinggalkan adalah jejak yang terekam.
Komen menunjukkan kwalitas pemberi komentar.
Terima Kasih sudah meninggalkan jejaknya :)