Friday 31 January 2014

Candi Prambanan ( Candi Sewu)

Candi Prambanan (Candi Sewu) sebuah situs sejarah yang terletak di Propinsi Jawa Tengah, perbatasan daerah Kalaten dan Jogjakarta.


Photo Candi Prambanan (Candi Sewu).
 Sayang photo Candi Prambanan (Candi Sewu) diatas puncaknya terpotong, maklum photografer amatiran.

Candi Prambanan  terkenal dengan legenda Bandung Bondowoso dalam mendapatkan cinta Roro Jongrang. Roro Jongrang yang kurang suka dengan Bandung Bondowoso tidak bisa menolak secara langsung. Dia menolak secara halus dengan cara meminta syarat. Supaya cinta Bandung Bondowoso ini diterima, Bandung Bondowoso harus membangun 1000 candi dalam semalam.
Bandung Bondowoso tidak takut dengan tantangan Roro Jongrang secara dia adalah raja jin yang sakti mandra guna. Roro Jongrang juga tak kalah akal untuk menggagalkan keinginana Bandung Bondowoso. Jauh sebelum fajar terbit tanda bergantinya malam dengan siang, Roro Jongrang membuat gaduh dengan menumbuk padi dan menyalakan unggun. Ayampun berkokok nyaring mengira fajar sudah menyingsing. Bandung Bondowoso yang sudah menyelesaikan 999 arca pun tersentak kaget dan marah besar merasa dicurangi. Kemudian dia mengutuk Roro Jongrang menjadi arca ke seribu, jadilah nama lain Candi Prambanan dengan sebutan Candi Sewu.

Candi Prambanan (Candi Sewu) termasuk mahakarya kebudayaan Hindu. Dibangun pada pemerintahan Rakai Pikatan dan Rakai Balitung. Candi ini memiliki 3 bangunan utama yang melambangkan Trimurti, dewa-dewa dalam kepercayaan Hindu yaitu Dewa Siwa, Dewa Wisnu dan Dewa Brahma.

Candi Prambanan (Candi Sewu) adalah situs budaya yang harus tetap dirawat, dijaga dan dipelihara untuk kemudian bisa diwariskan ke generasi berikutnya.


No comments:

Post a Comment

Komen yang ditinggalkan adalah jejak yang terekam.
Komen menunjukkan kwalitas pemberi komentar.
Terima Kasih sudah meninggalkan jejaknya :)