Tuesday, 28 January 2014

Bunga Lotus si Cantik dari Tempat Berlumpur

Bunga Lotus


Bunga Lotus si Cantik dari Tempat Berlumpur sebuah ungkapan yang pantas disematkan kepada tanaman air ini. Bunga Lotus atau dikenal juga dengan nama bunga Seroja ( Nelumbo Nucifera Gaerth ) adalah bunga yang sangat cantik dan menimbulkan decak kagum. Mulai saat kuncup bunga lotus muncul, mekar, kelopak-kelopaknya rontok, membuat kagum para penggemar bunga. Tangkai bunga yang sudah kering, berlubang kayak sarang lebah, berisi biji juga dimanfaatkan oleh perangkai bunga kering. 


Bunga Lotus atau Bunga Seroja ini hidup pada media  tanah berlumpur yang berair, wadahnya bisa aja sebuah kolam berair kotor, pot plastik murahan ataupun pot porselin mahal. Tapi medianya tetap saja tanah berlumpur yang berair. Dari media berlumpur ini tanaman lotus akan tumbuh subur. Daunnya lebar agak bulat, dan tegak, diatasnya ditutupi lilin sehingga kalau ada tetes air yang jatuh akan terlihat seperti kristal. Mirip daun keladi. Bunganya juga muncul dari media lumpur berair itu, tegak keatas bisa setinggi 1 - 1,5m, ada yang berwarna pink atau merah muda, putih polos, kuning dan biru, semuanya cantik. Tak ada sisa lumpur yang menempel di daun apalagi bunganya. Benar-benar menjadi si cantik dari tempat berlumpur.

Bunga Lotus atau Seroja si Cantik dari Tempat Berlumpur.
Di halaman rumah DimyCorner adanya bunga lotus yang berwarna merah muda. Cantik. Diawal Januari kemaren masih berbunga. Sebelum bersepeda pagi, DimyCorner sempat mengabadikan photo si bunga lotus ini. Karena bunga lotus ini mekar saat matahari terbit dan menguncup saat matahari terbenam. Makanya di relief peninggalan bangsa Mesir banyak terdapat bunga lotus ini. Dalam kepercayaan Mesir kuno, bunga Lotus ini mewakili matahari.

Bunga Lotus atau Bunga Seroja



Bunga Lotus atau Bunga Seroja ini dalam kepercayaan Budha dan Hindu juga melambangkan kesempurnaan, keseimbangan hidup, melambangkan kesuburan, kemakmuran dan ilmu penegtahuan atau kebijaksanaan. Menunjukkan energi positif yang keluar dari dalam tubuh yang sering disebut dengan chakra. 

Media tanam lumpur berair dan cara tanaman Lotus ini tumbuh subur, tanpa membawa bekas lumpur sedikitpun di daun dan bunga cantiknya yang berdiri tegak, banyak pelajaran hidup bisa di ambil. Kita yang hidup di "tempat bersih" seharusnya jauh menghasilkan banyak  kebaikan bagi orang lain dan lingkungan sekitar. Mari bercermin ke Bunga Lotus si Cantik dari Tempat Berlumpur.

9 comments:

  1. Saya baru tahu kalau bunga seroja itu sama dengan bunga lotus. Indah bunganya.. :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. kalau sama teratai baru berbeda Dan.

      Delete
  2. Bunga yang cantik, makanya sampai ada lagunya "Seroja".

    ReplyDelete
    Replies
    1. pencipta lagunya pasti pengagum bunga Lotus ini.

      Delete
  3. Cantik sih tapi bisa idup di lumpur.
    Kalo di dalam diri manusia artinya apa ya? :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. disitu lah uniknya, dari lumpur aja bisa cantik.
      mungkin seperti judul film jadul "bernafas dalam lumpu" :)

      Delete
  4. bunganya tidak kuat kalau ditempat kering ya. harus di airi terus dong.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Harus di dalam lumpur berair,
      kalau kering jadi tanah kering dong.

      Delete

Komen yang ditinggalkan adalah jejak yang terekam.
Komen menunjukkan kwalitas pemberi komentar.
Terima Kasih sudah meninggalkan jejaknya :)